Jumat, 20 November 2015

(TUGAS_3SS_PENGANTARBISNIS) BAURAN PEMASARAN

  Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. saya akan menganalisis perusahaan makanan yang menerapkan konsep 7P yaitu PizzaHut:

1. Produk (Product)
PizzaHut mempunyai bergabagi macam pizza dengan banyak topping dan berbagai macam minuman yang menarik untuk dicoba. Segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan,diminta,dicari,dibeli dan dikonsumsi pasar. Sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar

2. Promotion (Promosi)
    PizzaHut memiliki sbanyak promosi dari produk-produknya melalui berbagai media seperti iklan di tv, koran dan lainnya. Dengan cara ini PizzaHut menginformasikan kepada konsumen dan pelanggannya tentang peningkatan produk, adanya produk-produk baru yang membuat konsumen dan pelanggannya ingin datang mencoba produk tersebut.

     3. Lokasi tempat (place)
     Dalam pemilihan lokasinya PizzaHut memilih tempat yang cukup strategis, PizzaHut banyak ditemukan ditempat-tempat yang ramai dikunjungi orang seperti mall. Namun sekarang sudang diperluas keberadaan gerai PizzaHut sehingga bisa ditemukan dimanapun anda berada.

     4.  Harga (Price)
     Harga yang ditawarkan oleh PizzaHut beraneka macam tergantung pada produk yang akan kita beli. Untuk menarik minat pelanggan, PizzaHut mempunyai berbagai paket harga seperti paket menu hari senin-jumat dimana menu-menu dalam paket  tersebut memiliki harga yang mempunya diskon cukup besar namun belum termasuk ppn. Adanya menu-menu tersebut kita bisa memilih produk apa yang seharusnya kita beli sesuai dengan kondisi keuangn kita.


     5. Orang (people)
      Dalam hal ini yaitu menyangkut karyawan dan karyawati yang bekerja di PizzaHut. Karyawan yang bertugas menerima pesanan konsumen dan pelanggan harus memilki sikap yang ramah dan attitude yang baik karena akan berhadapan dengan konsumen yang memilki sifat yang berbeda-beda. Selain itu ketepatan dan ketelitian dalam mendengarkan pesenan konsumen sangat dibutuhkan oleh para karyawan. Selama ini saat saya memesan menu PizzaHut saya dilayani dengan baik oleh para karyawan-karyawannya. Karyawannya cukup ramah dalam menghadapi konsumen.

             6. Proses (Process)
      PizzaHut yang berada di tempat keramaian seperti mall jam operasionalnya menyamakan dengan jam operasional mall tersebut.


       7.  Bukti fisik (Physical Evidence)   
     Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen. Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. 
     PizzaHut memiliki dekorasi yang khas dari para pesaingnya sehingga PizzaHut bisa dibedakan dari para pesaingnya, gerai-gerainya cukup nyaman untuk para konsumen dan pelanggan.

  Sekian bauran masalah dari saya, terimakasih.

sumber:
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/10398/H06lmh.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar