Rabu, 04 November 2015

(TULISAN_3SS_PENGANTARBISNIS II) Pentingnya Berkomunikasi Dengan Baik kepada Atasan


  Saya akan membahas sedikit tentang pentingnya berkomunikasi dengan baik kepada atasanKomunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia kerja dan menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan untuk mencegah kesalahpahaman yang dapat menimbulkan suatu masalah, Hal ini tidak terlepas dari komunikasi antara atasan dan karyawan yang sering kali memiliki kendala seperti adanya rasa takut atau khawatir karena takut salah berbicara, tekesan menggurui dan sebegainya.

Berikut saya akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat berkomunikasi dengan baik terhadap atasan Anda:
1) Mendengarkan
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Anda harus mendengarkan setiap pembicaraan atasan dengan seksama. Perlihatkan keseriusan dan antusiasme dalam mendengarkan informasi atau instruksi dari atasan Anda. Keseriusan dan antusiasme dari seseorang dalam mendengar, bisa dilihat dari sikapnya pada saat mendengar. Orang yang sibuk mempermainkan sesuatu, atau melirik kesana-kemari, atau pandangannya terlihat kosong, pastilah bukan orang yang serius dalam mendengarkan.

2) Bertanya dan Memberi Tanggapan
Seorang bawahan yang baik bukanlah orang yang melakukan semua instruksi dari atasannya tanpa pertimbangan apapun. Oleh sebab itu, apabila Anda belum mengerti apa yang dimaksudkan oleh atasan, haruslah Anda tanya. Demikian juga apabila Anda merasa perlu memberikan ide, untuk memperkuat ataupun merubah instruksi dari atasan Anda, lakukanlah dengan cara yang sopan dengan alasan-alasan yang kuat, supaya Anda tidak dianggap sebagai karyawan yang sulit diatur. Untuk itu, Anda harus mempelajari karakter dari atasan, agar Anda bisa mencari waktu dan sikap yang tepat untuk berkomunikasi dengan dia.

3) Gunakan Kalimat bersifat Positif dan Bahasa yang Efektif 
Hindari menggunakan kata-kata konfrontatif, intonasi tinggi dan argumentative. Dan hindari menggunakan bahasa atau istilah-istilah yang terlalu tinggi sehingga tidak dimengerti oleh atasan Anda. Komunikasi yang efektif bukan dinilai dari canggihnya kata-kata atau bahasa yang digunakan tetapi dari mudah atau tidaknya bahasa tersebut dipahami oleh lawan bicara Anda.

4) Jaga Profesionalisme
Jangan pernah mencampuradukkan masalah pribadi dengan urusan di kantor.Jika sedang ribut dengan pasangan anda, jangan bawa masalah tersebut ketika meeting dengan atasan, hal tersebut akan mengganggu kinerja anda.

5) Bahasa Tubuh dan raut wajah
Jangan membungkuk atau melakukan gerakan- gerakan tubuh yang menimbulkan perasaan tidak nyaman pada lawan bicara Anda terlebih lagi atasan Anda.  Dan hindari menampilkan raut wajah negatif yang dapat menimbulkan saat berkomunikasi dengan bos Anda.

6) Kontrol Emosi
Jangan terbawa perasaan, meskipun anda mungkin tidak suka dengan tugas yang diberikan, atau mungkin anda tidak suka dengan bos anda. Pada saat berbicara dengan atasan, hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan Anda setingkat dengan dia. Hindari pembicaraan yang terlalu pribadi. Ingatlah bahwa keakraban ada batasnya pada saat Anda berada di lingkungan kerja. Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, Anda haru bisa mengantisipasinya. Sesuaikan selera humor. Hindari cerita yang dapat menghina atasan.

7) Jangan Terkesan Menggurui
Posisikan diri anda sebagai pendengar . Walaupun anda mempunyai saran yang akan diutarakan ke atasan, ucapkan dengan kalimat-kalimat yang tidak menyinggung egonya.

8) Melaporkan
Teknik serta etika dalam melapor adalah sesuatu yang bisa dipelajari dengan mudah. Buatlah konsep atau poin-poin yang akan Anda laporkan kepada atasan Anda. Cara ini secara otomatis akan membuat Anda menguasai  maksud dan tujuan dari laporan tersebut. Dari konsep tersebut, Anda juga bisa mengantisipasi respon dari atasan Anda.

   kurang lebih seperti itulah cara-cara berkomunikasi dengan baik kepada atasan agar tidak ada salah paham dalam berbicara atau bersikap dengan tidak menggurui atasan kita sendiri. 
Semoga hal-hal  di atas dapat bermanfaat untuk kita semua dalam dunia bisnis dan sebagainya.


http://ronnysiagian.com/2013/07/19/berkomunikasi-dengan-atasan/
http://becks-tipsmotivasi.blogspot.com/2008/07/rahasia-berkomunikasi-yang-baik-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar